Insight     Quality Assurance Adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Quality Assurance Adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Jan 05, 2022

Strategy

Share it:
            

Pernahkan Anda mendengar tentang quality assurance? Quality assurance adalah sebuah pekerjaan yang bertanggung jawab dalam memastikan serta menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan. Sehingga perusahaan pengelola tersebut dapat bekerja dengan baik serta dapat menghasilkan produk yang berkualitas.

 

Dalam menyiapkan segala kebutuhan proses yang harus dilakukan yaitu dengan cara melakukan pengujian mulai dari fitur, fungsional elemen visual, mencari solusi agar tidak terjadi bug, dan lain sebagainya.

 

Jadi sebelum memasuki tahap deployment, quality assurance akan melakukan proses tahap pengecekan dan memastikan bahwa produk sudah benar-benar siap. Sehingga pada saat diserahkan kepada customer produk akan benar-benar baik dan stabil.

 

Quality assurance ini memiliki peran yang sangat penting sehingga banyak sekali perusahaan startup yang menggunakan jasa quality assurance. Untuk Anda yang ingin mengetahui tentang quality assurance lebih dalam lagi sebaiknya simak artikel ini sampai simak artikel ini sampai selesai. 

 

 

Quality Assurance Adalah? Ini Penjelasannya

Quality assurance merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam membantu sebuah perusahaan untuk menghadapi sebuah persaingan pasar, entah itu pada kualitas suatu produk atau pelayanannya.

 

Sebuah perusahaan tentunya selalu mengutamakan kualitas, pembeda pada suatu produk, dan layanan antara satu produsen dengan produsen lainnya. Maka dari itu, semua produsen dan juga penyedia layanan dalam mencari cara agar dapat meningkatkan kualitas produk dan juga kualitas layanannya.

 

Kualitas ini dapat didefinisikan dalam tingkat baik ataupun buruknya suatu produk yang dihasilkan. Selain itu dengan mengutamakan kualitas tentunya akan membuat konsumen merasa puas dan juga produk akan laris di pasaran. 

 

Pada umumnya untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produk perusahaan biasanya akan menggunakan dua teknik. Teknik tersebut antara lain yaitu teknik quality control (pengendalian kualitas) dan teknik quality assurance (penjaminan kualitas). Dengan menggunakan teknik ini Tentunya bertujuan untuk memastikan supaya produk akhir sudah memenuhi persyaratan serta standar kualitas yang sudah ditetapkan. 

 

 

Definisi Lain Tentang Quality Assurance

Adapun definisi lain mengenai quality assurance adalah istilah dari jaminan yang sudah memberikan kepastian bahwasannya produk sudah benar-benar aman, memiliki kualitas, serta tidak ada yang cacat. Quality assurance jika di artikan dalam bahasa Indonesia yaitu "penjamin kualitas". Jadi dari arti tersebut sudah jelas bahwa quality assurance memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung kualitas produk. 

 

Quality assurance juga merupakan suatu pendekatan atau proses yang bertujuan untuk mencegah kecacatan produk. Proses tersebut mulai dari tahap perencanaan hingga tahap pengiriman produk ke pelanggan. Sehingga hal tersebut dapat menghindari terjadinya pengerjaan ulang.

 

Selain itu apabila kualitas produk mengecewakan pelanggan, hal tersebut justru dapat merusak reputasi sebuah perusahaan dan akan mengalami kerugian yang disebabkan oleh biaya pembuatan ulang akibat kualitas produk yang buruk.

 

Quality assurance adalah sebuah proses praktek yang melakukan penekanan terhadap perencanaan, dokumentasi serta penentuan panduan kualitas dari awal mulai pengerjaan hingga selesai dengan standar kualitas yang diharapkan.

 

Setelah proses penentuan kualitas sudah sesuai dengan standar yang diharapkan dan produk sudah benar-benar siap untuk dikirim kepada konsumen. Maka selanjutnya adalah peran perusahaan dalam mengirimkan produk tersebut. 

 

 

Teknik dan Alat Quality Assurance

Dalam quality assurance terdapat tiga teknik untuk menjamin kualitas produk. 3 teknik tersebut antara lain yaitu quality audit, proses analisis, serta quality management, and control tools. Berikut ini penjelasan ketiga teknik tersebut. 

 

 

1. Quality Audit

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan tentunya tidak akan asing lagi dengan yang namanya audit. Quality audit merupakan suatu tim ahli yang berasal dari luar perusahaan atau pihak ketiga eksternal. Mereka akan melakukan peninjauan mengenai proses serta prosedur yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

 

Apabila audit menemukan suatu kejanggalan dalam perusahaan atau perbedaan antara apa yang dilakukan dengan apa yang dinyatakan dalam prosedur. Maka perusahaan yang bersangkutan akan diminta untuk melakukan perbaikan dalam sistem pengoperasian perusahaannya.

 

Biasanya pihak quality audit juga akan memberikan saran-saran untuk meningkatkan kualitas perusahaan tersebut. Peran audit ini sangat penting untuk karena mereka akan memastikan sebuah proses dan juga prosedur yang telah disetujui serta perusahaan dapat melaksanakan sistem operasional ini dengan baik. 

 

 

2. Process Analysis

Proses analisis ini bertujuan untuk memastikan agar produk tidak ada yang cacat. Tak hanya itu saja namun mereka juga memperhatikan proses pengerjaannya. Sehingga apabila pihak proses analisis menemukan suatu kejanggalan pada sebuah produk tentunya mereka akan meminta untuk melakukan tindakan perbaikan. 

 

 

3. Quality Management and Control Tools

Quality management and control tools memiliki tugas untuk membantu menemukan permasalahan, pengambilan keputusan, ide perbaikan, serta prioritas permasalahan yang harus segera diselesaikan. Beberapa alat yang dimiliki quality management and control tools ini antara lain yaitu diagram pohon, diagram jaringan, diagram afinitas, dan masih banyak lagi. 

 

Perusahaan yang dapat secara menjalankan teknik quality assurance, tentunya akan memiliki produk yang berkualitas tinggi. Selain itu perusahaan juga akan mendapat nama atau dikenal sebagai perusahaan yang terpercaya memberikan kualitas yang memuaskan konsumen. 

 

 

Apa Saja Peran dan Tanggung Jawab Quality Assurance?

Peran quality assurance adalah memberikan jaminan bahwa kualitas produk tersebut sudah di atas rata-rata. Beberapa peran dan tanggung jawab quality assurance antara lain yaitu:

 

  • Memverifikasi kualitas sebuah produk
  • Memonitoring proses pembuatan 
  • Memantau, meneliti dan menguji perkembangan produk yang diproduksi oleh perusahaan. 
  • Memastikan bahwa barang yang diproduksi memenuhi kualitas standar perusahaan.
  • Melakukan revisi atau pengerjaan ulang jika menemukan produk dengan kualitas rendah
  • Membuat analisis atau catatan dokumentasi sebuah produk supaya perusahaan dapat menjadikannya sebagai referensi untuk membuat perusahaan semakin meningkat. 

 

 

Jadi sebelum produk sampai ke konsumen pastinya pihak quality assurance akan memastikan kualitas yang terlebih dahulu. Sehingga pihak konsumen nantinya tidak akan komplain yang disebabkan oleh cacat produk dan lain-lain. 

 

 

Manfaat Quality Assurance

Adapun beberapa manfaat yang akan didapatkan saat menggunakan tahap quality assurance adalah:

 

  • Dapat menghasilkan produk yang yang memiliki kualitas yang tinggi.
  • Meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.
  • Meminimalisir pengeluaran.
  • Memberikan kepuasan kepada konsumen.
  • Mengurangi pengulangan pekerjaan atau revisi yang dapat merugikan perusahaan dan dalam segi waktu maupun finansial.
  • Memiliki peran untuk memotivasi tim dalam bekerja sehingga dapat menghasilkan kualitas yang lebih tinggi.

 

 

Gaji Seorang Quality Assurance

Sebagai seorang quality assurance tentunya akan memiliki gaji yang terbilang tinggi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pihak asuransi memiliki tanggung jawab yang tinggi pula. Maka dari itu untuk menjadi di quality assurance juga tidak mudah. Kisaran gaji yang dimiliki oleh quality assurance adalah sekitar 5-4 juta. Sedangkan apabila seseorang sudah menempati posisi senior, bahkan gajinya bisa mencapai 10-15 juta. Gaji tersebut juga disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi Setiap perusahaan. 

 

Anda bisa mencari informasi-informasi mengenai startup melalui website 

gmlperformance

Karena di sana bisa didapat informasi lengkap seputar perusahaan.


More Insight

How we can help your organization?

ONE GML

Subscribe our latest insight and event


CAREERSABOUT USCONTACT US

FOLLOW US

linkedin
fb
ig

© 2022 ONE GML Consulting