STELLAR WORKPLACE AWARD 2021

PRESS RELEASE

Jumat, 8 Oktober 2021

BCA dan BRI Raih Penghargaaan The Best Stellar Workplace in Innovative Engagement During Pandemic

Di kategori yang lain, muncul sebagai pemenang antara lain BCA, Asuransi Cigna, VADS Indonesia, BRI, Kobexindo Tracktors, dan Bina Agung Damar Buana

Jumat, 8 Oktober 2021. JAKARTA – Penghargaan bergengsi untuk perusahaan yang berkomitmen tinggi meningkatkan employee engagement, Stellar Workplace Award 2021, memunculkan dua nama bank sebagai pemenang kategori The Best Stellar Workplace in Innovative Engagement During Pandemic, yaitu PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI).

Total, terdapat 18 perusahaan yang berhasil menyabet penghargaan bergengsi ini dengan beberapa kategori. Pada kategori The Best Stellar Workplace Award For Large Employer, ada PT. Bank Central Asia, Tbk. Kategori The Best Stellar Workplace Award For Medium Employer, PT. Asuransi Cigna. Sedangkan di kategori The Best Stellar Workplace Award For Small Employer, muncul nama PT. VADS Indonesia.

Untuk kategori The Best Stellar  Workplace in Digital Transformation Readiness, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tampil sebagai pemenang. PT. Kobexindo Tracktors Tbk dan PT. Bina Agung Damar Buana tampil sebagai pemenang kategori Stellar Workplace Recognition in Employee Commitment.

Terakhir, terdapat 16 perusahaan yang mendapat penghargaaan Stellar Workplace Recognition in Employee Commitment & Satisfaction. Berikut ini adalah daftar perusahaan-perusahaan tersebut:

  1. PT Bank Central Asia, Tbk;
  2. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk;
  3. PT Asuransi Cigna;
  4. PT XL Axiata, Tbk;
  5. PT Sinarmas Mining;
  6. PT Pegadaian (Persero);
  7. PT Petrokimia Gresik;
  8. VADS Indonesia;
  9. Unilever Indonesia, Tbk;
  10. Tigaraksa Satria, Tbk;
  11. Bank Danamon Indonesia;
  12. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS);
  13. Multi Bintang Indonesia, Tbk;
  14. Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk;
  15. United Family Food;
  16. KSO Terminal Peti Kemas Koja

Pemberian penghargaan berlangsung secara dalam jaringan (daring) atau online pada Jumat, 8 Oktober 2021. Hadir dalam acara tersebut antara lain David Olson Ulrich, seorang pakar suber daya manusia, peneliti, penulis buku, pembicara, sekaligus profesor di Ross School of Business, University of Michigan. Di samping wakil para pemenang Hadir pula dalam penghargaan ini Profesor Budi Soetjipto, Kartika Widjaja, Irvandi Ferizal, Yunus Triyonggo, Suwardi Lubis, dan Ardian Taufik, Direktur dan Pemimpin Redaksi Kontan.

Employee engagement

Stellar Workplace Award (SWP) 2021 merupakan penghargaaan yang diberikan untuk perusahaan melalui survei, analisis employee engagement, dan performa organisasi. Penghargaan secara independen ini dikemas dalam bentuk pemberian penghargaan kepada organisasi-organisasi yang berkomitmen tinggi dalam meningkatkan employee engagement, yang didukung dengan pencapaian bisnis organisasi yang baik sebagai tujuan akhirnya.

Penelitian dan penghargaan SWP merupakan kerja sama antara GML Performance Consulting, lembaga konsultan independen, dan Kontan, media bisis dan investasi Kompas Gramedia. Dalam penilaiannya, SWP melibatkan para pemimpin bisnis dan akademisi sebagai anggota Tim Juri untuk mengidentifikasi perusahaan terbaik di Indonesia  dalam menciptakan tempat kerja yang mendorong para karyawannya lebih terlibat untuk kemajuan organisasi.

Seperti kita ketahui, di tengah pandemi, perusahaan harus menjaga ritme dan motivasi karyawan yang terputus secara fisik ketika mereka bekerja dari rumah, untuk maju bersama membangun kemampuan kompetitif organisasi. Organisasi bisnis perlu mempunyai tenaga kerja yang engaged, berkontribusi pada kelangsungan hidup dan pertumbuhan organisasi selama era pandemi dan digital. Penelitian menunjukkan, keterlibatan karyawan memiliki korelasi tinggi dengan profit dan kelangsungan bisnis.

Pengelolaan SDM dalam mempertahankan dan meningkatkan komitmen, kepuasan, sekaligus kualitas kinerja menjadi tantangan baru, di mana perusahaan dituntut mampu menciptakan daya tarik, daya dorong, dan engagement yang nyata bagi karyawan.  Daya tarik dan daya dorong tersebut merupakan fondasi dasar yang membentuk kondisi yang mampu menumbuhkan engagement, sekaligus sikap dan perilaku karyawan yang baik. Kondisi ini umumnya disebut dengan Say, Stay, dan Strive.

Kondisi Say adalah kondisi di mana perusahaan menciptakan daya tarik yang unik dan bermakna sebagai posisi tawar bagi karyawan, sehingga karyawan secara konsisten mengatakan hal-hal positif mengenai perusahaan kepada rekan kerja, karyawan baru, calon karyawan dan tentunya kepada para pelanggan. Hal ini tentunya berdampak besar kepada kualitas pelayanan pelanggan. 

Kondisi Stay adalah kondisi di mana perusahaan memiliki daya tarik bagi karyawan agar karyawan mempunyai keinginan yang besar untuk tetap menjadi bagian dari perusahaan, sehingga kondisi ini dapat menekan angka turn-over karyawan menjadi sangat rendah.

Kondisi Strive adalah kondisi di mana perusahaan mampu menciptakan daya dorong kepada karyawan agar karyawan secara proaktif memberikan usaha yang lebih dan menunjukkan perilaku yang berkontribusi terhadap kesuksesan perusahaan. 

Untuk mencapai kondisi tersebut perusahaan perlu mengembangkan sebuah kerangka acuan yang sistematis, terukur, dan komprehensif dalam mengelola SDM. Berkaitan dengan hal itu, konsep Employee Engagement adalah pilihan yang tepat.

Employee Engagement  merupakan keterikatan  emosional yang meliputi dua dimensi yaitu dimensi Commitment dan dimensi Satisfaction. Kedua dimensi tersebut  mampu menumbuhkan gairah, motivasi, serta dorongan proaktif bagi karyawan untuk memberikan upaya yang optimal di setiap aktivitas bisnis. Dengan melakukan pengukuran Employee Engagement, perusahaan memperoleh peta kategori keterikatan emosional karyawan terhadap perusahaan dalam empat kategori yaitu Highly Engaged, Potentially Engaged, Passives, dan Fully Disengaged.

Melalui gambaran tersebut, perusahaan dapat menentukan langkah-langkah inisiatif maupun intervensi yang tepat sasaran dan bersifat unik secara sektoral maupun organisasional.  Tentunya hal ini perlu didukung oleh proses internalisasi, sosialisasi, dan tindak lanjut yang nyata serta berkesinambungan.

Berikut ini daftar lengkap perusahaan penerima penghargaan Stellar Workplace Award 2021 :

The Best Stellar Workplace Award For Large Employer
PT. Bank Central Asia, Tbk

The Best Stellar Workplace Award For Medium Employer
PT. Asuransi Cigna

The Best Stellar Workplace Award For Small Employer
PT. VADS Indonesia

The Best Stellar Workplace in Digital Transformation Readiness Category
PT. Bank Rakyat Indonesia ( Persero )

Stellar Workplace Recognition in Employee Commitment & Satisfaction*

  • Bank Central Asia, Tbk
  • Bank Rakyat Indonesia ( Persero )
  • Asuransi Cigna
  • XL Axiata, Tbk
  • Sinarmas Mining
  • Pegadaian ( Persero )
  • Petrokimia Gresik
  • VADS Indonesia
  • Unilever Indonesia, Tbk
  • Tigaraksa Satria, Tbk
  • Bank Danamon Indonesia
  • Lembaga Penjamin Simpanan
  • Multi Bintang Indonesia, Tbk
  • Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk
  • United Family Food
  • KSO Terminal Peti Kemas Koja

Stellar Workplace Recognition in Employee Commitment

  1. Kobexindo Tracktors, Tbk
  2. PT. Bina Agung Damar Buana

“The Best Stellar Workplace in Innovative Engagement During Pandemic Category”

  1. Bank Central Asia, Tbk
  2. PT. Bank Rakyat Indonesia ( Persero )

***

schedule

How we can help your organization?