Teknologi dan Sumber Daya Manusia dalam Pertumbuhan UMKM di Era Pandemi

Teguh Suyudi , 1 August 2021 rubrik: Digital Saat ini, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air mengalami berbagai permasalahan seperti pengelolaan manajemen, penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, kesulitan bahan baku, produksi menurun dan PHK Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu menjadi ancaman bagi perekonomian nasional. UMKM sebagai penggerak ekonomi domestik dan penyerap tenaga kerja tengah menghadapi penurunan produktivitas yang berakibat pada penurunan profit secara signifikan.

Untuk membangkitkan kembali kondisi ini diperlukan solusi mitigasi dan pemulihan. Langkah mitigasi yaitu melalui kerjasama dalam pemanfaatan inovasi dan teknologi yang dapat menunjang perbaikan pengelolaan bisnis dan SDM, perbaikan mutu dan daya saing produk, proses pengolahan produk, kemasan dan sistem pemasaran serta lainnya.

PT AG Indonesia sebagai perusahaan teknologi informasi yang fokus pada UMKM mempunyai tanggung jawab untuk melakukan penyelamatan dengan mendukung setiap langkah UMKM dan secara bertahap memberikan solusi permasalahan yang ada terutama di tengah pandemik.

Caranya dengan mengembangkan solusi berbasis cloud Altius People Foundation yang dapat membantu UMKM dalam merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses bisnis SDM sehingga diharapkan disitu UMKM lebih kompetitif, dapat bersaing dan lebih berkembang lagi di era pandemik dan serba digital ini.

Suwardi, Presiden Komisaris PT AG Indonesia mengatakan sudah saatnya UMKM bertransformasi digital untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas UMKM serta mendorong inklusivitas.

“Kami berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam memecahkan permasalahan UMKM Indonesia yang terdampak Covid-19. Salah satu pilar penting sektor ekonomi nasional yaitu nafas UMKM yang membutuhkan perhatian,” ia menegaskan.

PT AG Indonesia adalah anggota One GML merupakan pusat penyedia solusi transformasi bisnis digital dan mempunyai 2 Brand Produk yaitu:

  • Altius People: People Management Solution (Solusi Human Resource Management). Altius People Foundation: Solusi untuk UMKM, dan Altius People Enterprise: Solusi untuk bisnis yang HRIS yang lebih terintegrasi

  • Agile Integration: IT Strategy & Planning, Digital Solution Implementation, IT Cloud and Infrastructure, IT Security, dan IT Managed

Teknologi dan Sumber Daya Manusia dalam Pertumbuhan UMKM di Era Pandemi

How we can help your organization?

ONE GML

Subscribe our latest insight and event


CAREERSABOUT USCONTACT US

FOLLOW US

linkedin
fb
ig

© 2024 ONE GML Consulting